Cara Mengembangkan Bakat Anak

Bakat Anak


Setiap anak terlahir istimewa dengan bakat mereka masing-masing. International High School in Jakarta menyadari betul keistimewaan setiap anak. Maka dari itu, sekolah internasional ini selalu berkomitmen untuk rutin mencetak prestasi siswa di bidang akademis maupun nonakademis.

Mengenali bakat anak sejak dini harus dilakukan oleh semua orang tua. Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, bakat anak yang tergali dapat menghasilkan prestasi. Asalkan diarahkan ke tempat yang tepat, tidak ada bakat anak yang sia-sia. Mereka akan bisa terus bersinar dengan kemampuan yang mereka punya.

Langkah untuk Menggali Potensi Anak

Tidak ada bakat yang muncul secara tiba-tiba. Semua bakat anak muncul setelah diasah dan dilatih dalam waktu cukup lama. Bakat seseorang akan muncul jika mendapat dukungan penuh dari orang terdekat, terutama dari kedua orang tua. Dukungan tidak hanya material saja, namun juga aspek lain.

Melansir dari kompas.com, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan lima langkah cara mengembangkan potensi dan bakat anak yang bisa Anda ikuti. Langkah ini bertujuan untuk mempermudah Anda mengenali bakat Anak Anda.

1.   Beri Kesempatan Eksplorasi

Memberikan stimulus untuk anak agar lebih bereksplorasi akan mempermudah dia mengenal bakat dirinya. Dekatkan anak pada lingkungan agar mudah sosialisasi. Orang tua juga dapat mengenalkan berbagai kegiatan seperti musik, olahraga, atau hobi lain yang asyik untuk dikerjakan sendirian atau bersama keluarga.

2.   Amati Tingkah Lakunya

Orang tua berperan untuk melakukan observasi pada rutinitas anak. Jika anak senang melakukan sebuah kegiatan berulang kali, bisa jadi kegiatan itu adalah awal mula bakat dia. Misal, anak terlihat aktif saat diajak olahraga atau bermusik, coba untuk terus mendukung dia pada kegiatan itu. Dorong dia untuk berkompetisi atau tampil di depan publik.

3.   Perhatikan Kecerdasannya

Semua anak dilahirkan cerdas, hanya saja bidangnya berbeda-beda. Wajarnya ada 9 kecerdasan bawaan dari lahir, mulai dari kecerdasan bahasa, logika, matematika, visual spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, ekstensif, dan naturalis. Kecerdasan tersebut sering disebut Multiple Intelligence, berdasarkan hasil penelitian Dr Howard Gardner, Harvard University.

4.   Fasilitasi Ruang untuk Eksplorasi

Setelah mengetahui potensi dan bakat pada anak, orang tua bisa mendukungnya dengan memberikan ruang yang tepat untuk mengekspresikan kemampuannya, seperti membawa dia ke ahli untuk  mengasah kemampuannya. Misalnya dia berbakat dalam musik, maka Anda bisa membawanya ke guru atau kursus musik yang dapat membantu mengembangkan bakatnya.

5.   Selalu Memberi Dukungan Terbaik

Ada kalanya apa yang dilakukan sang buah hati gagal atau tidak sukses. Misalnya saat dia berkompetisi dan gagal meraih juara. Mungkin hal tersebut akan membuat mentalnya sempat drop.Namun sebagai orang tua, Anda wajib untuk selalu menghargai setiap usaha yang sudah dilakukan buah hati Anda. Bentuk dukungan tidak hanya materi, namun juga verbal seperti pujian dan semangat motivasi.

Mengetahui langkah yang tepat untuk menggali potensi anak merupakan hal penting, sehingga para orang tua wajib menguasainya. Dengan langkah-langkah di atas, anak-anak pun akan terbantu untuk menemukan potensi yang mereka miliki.

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar