Membuat Toko Online Anda Sendiri, Sudah

Toko Online

Keberadaan toko online jadi salah satu faktor besar yang membantu pegiat UKM untuk bersaing di era modern. Dengan masuk ke ranah digital, semua orang jadi bisa mendapatkan akses ke produk yang dimiliki, sehingga area pemasaran bisa menjadi lebih luas dan potensi bertambahnya pelanggan bisa makin besar pula. Tapi untuk memiliki toko seperti ini, bagaimana caranya?

Tidak dapat dikatakan mudah, namun bukan tak mungkin untuk dilakukan sendiri. Cara membuat toko online milik Anda sendiri bisa Anda lihat di sini. Namun tentu, langkah-langkah yang kami jabarkan berikut merupakan langkah yang sifatnya mendasar, karena banyak pengembangan yang mungkin bisa dilakukan untuk mempercantik toko yang Anda miliki.


Persiapan yang Harus Dilakukan

Setidaknya ada tiga hal yang harus disiapkan sebelum Anda membuat toko online. Tiga variabel fundamental ini wajib ada, agar pembuatan bisa dilakukan dengan lancar.

1. Domain

2. Cloud Hosting atau Virtual Private Server guna persiapan peningkatan traffic.

3. CMS.

Setelah ketiga hal ini disiapkan (Anda bisa meminta bantuan profesional atau memanfaatkan jasa penyedia ketiganya yang banyak tersaji), Anda bisa mulai memproduksi situs toko online yang akan Anda gunakan.


Pembuatan Toko Online dengan WordPress

Mari kita mulai petakan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat toko online dengan menggunakan WordPress. WordPress sendiri dipilih karena dinilai merupakan platform paling mudah yang bisa digunakan, dan gratis, sehingga akan menekan biaya produksi yang Anda keluarkan.


1. Buka cPanel

Masuk ke halaman cPanel dengan mengakses namadomain.com/cpanel, misalnya nama domain Anda adalah bukatoko.com, maka masuk ke bukatoko.com/cpanel.


2. Buka Softaculous

Cari menu Softaculous, yang berfungsi untuk menginstal WordPress dengan mudah ke dalam domain yang Anda miliki.


3. Instalasi WordPress

Klik tombol Install Now untuk menginstal WordPress dengan mudah. Saat masuk ke Software Setup, masukkan data yang diperlukan pada kolom yang tersedia dan sesuaikan dengan data yang Anda miliki. Setelah semua terisi dengan benar, klik Install. Secara praktis Anda sudah memiliki website sendiri. Namun untuk menjadikannya sebuah toko online, beberapa langkah tambahan harus dilakukan.


4. Masuk Ke Halaman Admin

Caranya cukup mudah, cukup ketikkan bukatoko.com/wp-admin dan lakukan login dengan password dan email yang sudah Anda buat tadi. Masuk ke bagian menu Plugin, lalu dilanjutkan dengan memilih Add New. Lanjutkan dengan mengetikkan Woocommerce pada kolom pencarian, dan klik Install Now setelah Anda menemukannya. Setelah terpasang, klik Activate.


5. Pengaturan Woocommerce

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi alamat lengkap sesuai dengan alamat yang Anda miliki. Setelah selesai, klik Continue. Lanjutkan dengan mengisi kategori produk yang akan dijual, di sana akan tertera berbagai opsi yang bisa dipilih. Setelah selesai, klik Continue. Selanjutnya masukkan jenis produk yang Anda jual, apakah berupa produk fisik, produk yang bisa diunduh, atau produk jenis lain, lalu klik Continue. Masukkan juga kisaran jumlah produk yang ingin dijual, lengkap dengan informasi-informasi lain yang ada pada kolom pengaturan ini, jika selesai klik Continue.

Setelah selesai melakukan pengisian data produk dan data toko, Anda diarahkan untuk memilih tema yang akan digunakan pada toko online Anda. Setelah selesai, Anda akan diminta mengintegrasikan toko yang baru Anda buat ini dengan Jetpack, yang akan membantu meningkatkan proteksi data di situs dan kecepatan situs tersebut.

Secara praktis, toko online Anda sudah selesai dibuat. Namun tentu Anda perlu menambahkan produk pada website tersebut agar orang bisa melihat produk dan membelinya.


6. Memasukkan Produk Ke Dalam Toko Online

Pertama, klik Product, kemudian pilih Add New. Isikan judul dan deskripsi produk yang akan Anda jual di bukatoko.com nantinya, lalu lanjutkan dengan mengisi kolom harga produk pada tab General. Untuk  memudahkan manajemen produk, Anda bisa menambahkan kode produk atau SKU. Tambahkan juga informasi lengkap produk, seperti berat, dimensi, dan ukuran, untuk memudahkan penghitungan ongkos kirim produk ketika ada yang membelinya nanti.

Selanjutnya tambahkan gambar dengan kualitas yang baik untuk menarik calon pembeli. Product Image akan menunjukkan berbagai produk yang Anda miliki, sedangkan Product Galery akan menyajikan gambar ketika produk di klik oleh pengunjung toko online Anda. Tambahkan deskripsi singkat yang menarik pada bagian halaman depan. Jika sudah selesai, Anda tinggal klik Publish, dan produk sudah diterbitkan di laman toko online Anda.


7. Tampilkan Produk

Untuk menampilkan produk di halaman depan, Anda tinggal klik Settings kemudian lanjutkan dengan memilih Reading. Atur halaman Shop menjadi halaman utama website, dan simpan pengaturan dengan klik Save to Changes.


8. Lakukan Input Produk Lain

Ulangi proses memasukkan produk untuk produk-produk lain yang Anda miliki dan pastikan semua tampil menarik di halaman depan website toko online yang Anda miliki.

 

Cukup mudah bukan cara membuatnya? Kini setelah Anda memiliki toko online sendiri, selanjutnya yang Anda perlukan adalah menghubungkannya dengan layanan payment gateway dan pengelolaan transaksi. Keduanya dapat membantu operasional toko online yang Anda miliki, untuk mengamankan proses pembayaran serta mencatat semua transaksi yang terjadi. Jokul by DOKU, menjadi jawaban atas hal ini. Dengan proses integrasi yang mudah dan praktis, dalam waktu singkat Anda akan memiliki layanan payment gateway dan pencatatan transaksi yang detail. Segera daftarkan diri Anda, dan nikmati kemudahannya!

 

Posting Komentar

0 Komentar