Kiat Menjalankan Bisnis Transportasi Berbasis Truk di Indonesia

Truk Mitsubishi

Sebagai negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki potensi besar di bidang transportasi. Jasa trucking menjadi salah satu layanan yang dapat Anda jadikan bisnis menggiurkan. Orang-orang yang berminat memanfaatkan kendaraan tersebut untuk usaha pun kerap mencari promo terbaik kredit truk Mitsubishi untuk memperoleh truk berkualitas yang terjangkau.


Kondisi bisnis transportasi dengan truk di masa pandemi

Namun, pandemi yang telah terjadi sejak akhir 2019 di dunia serta maret 2020 di Indonesia secara otomatis memengaruhi semua sektor, termasuk bidang usaha logistik yang menggunakan truk. Melansir dari situs researchandmarket.com, terjadi kenaikan pasar logistik global terkait B2C mengalami kenaikan tajam. Hal ini disebabkan adanya perubahan perilaku konsumen yang beralih dari belanja langsung ke toko menjadi belanja secara online.

Hal yang sebaliknya terjadi pada logistik B2B. Menurut ketua asosiasi logistik dan forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi, perusahaan ekspor-impor banyak yang terkena dampaknya. Bahkan berdasarkan hasil survei yang dilakukan, beberapa menyatakan hanya sanggup bertahan beberapa bulan sejak dilakukannya survei.


Peluang bisnis transportasi dengan truk

Lalu apa itu artinya bisnis dengan menggunakan truk tidak lagi menguntungkan?

Tentu saja tidak. Sebab dengan diberlakukannya new normal di Indonesia serta di berbagai negara lain membuat perekonomian perlahan kembali pulih. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya truk yang beredar di jalanan.


Nah, untuk Anda yang berminat mengandalkan truk sebagai bagian dari bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain mencari pihak yang menjual kendaraan, Anda dapat mengoptimalkan pemakaiannya dengan cara-cara berikut:


·         Hitung pengeluaran satu kali jalan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menghitung biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar, parkir dan tol, makan, dan jasa supir. Lakukan perhitungan tersebut dalam satu kali perjalanan yang akan memudahkan Anda menentukan alokasi dana per bulan. Anggaran yang Anda dapatkan pun bisa dijadikan pegangan saat memberikan penawaran kepada vendor.


·         Menentukan rute perjalanan 

Berbeda dari mobil penumpang, truk hanya bisa melewati jalan-jalan besar. Kemudian, Anda juga harus memastikan keamanan rute yang nantinya dilalui kendaraan tersebut, sebab sudah ada banyak kasus bajing loncat yang mencuri muatan dalam truk. Akan lebih baik kalau Anda mempekerjakan supir yang hafal dengan rute untuk meminimalisasi risiko.


·         Berikan asuransi pengiriman barang

Jika Anda menggunakan truk untuk jasa pengiriman barang, berikan asuransi sebagai proteksi dan jaminan dari berbagai risiko seperti kehilangan dan kerusakan. Kalau Anda belum yakin memakai asuransi dari perusahaan, gunakan jasa serupa yang mempunyai layanan yang dapat melindungi barang-barang tersebut agar selamat sampai tujuan.


·         Cek kondisi truk sebelum dipakai

Kondisi truk sangat mempengaruhi kelancaran pengiriman barang dan akan mencegah risiko berbahaya seperti kecelakaan lalu lintas. Selain memastikannya sebelum dipakai berkendara, bawa juga truk secara rutin ke bengkel resmi untuk memastikan kondisi setiap komponennya. Jadi kalau ada masalah, pihak bengkel dapat segera melakukan perbaikan.


Mengimbangi manajemen keuangan dalam bisnis dengan performa truk yang digunakan akan membuat bisnis transportasi Anda mencapai tujuan-tujuan yang telah ditargetkan. Bukan hanya konsumen yang terpuaskan dengan layanan, bisnis tersebut bakal sukses dan bertahan lama dibandingkan kompetitor Anda.

 

Posting Komentar

0 Komentar