Berikut Penjelasan Teknik Dasar Bola Voli, Pemula Wajib Tahu

Teknik Dasar Bola Voli

Anda seorang pemain pemula bola voli? Untuk mahir dalam bermain voli, anda harus memahami teknik dasar bola voli. Jika anda sudah memahami dan menguasai teknik-teknik ini, maka akan menjadi lebih mudah untuk belajar mempraktikkannya di lapangan. Untuk anda yang berminat dengan olahraga ini, simak penjelasan berikut.

Teknis Dasar di Dalam Bola Voli yang Wajib Diketahui Pemula

1. Teknik Service

Hal pertama yang dilakukan ketika bermain bola voli adalah service, sehingga anda harus menguasai dengan baik teknik ini. Service juga menjadi salah satu penentu bagaimana permainan tim anda di babak pertama. Untuk melakukan service yang benar, anda harus memperhatikan sikap badan, pandangan mata, timing, dan lambungan bola.

Melansir dari blibli.com, sevice dibagi menjadi 2, yaitu service atas dan service bawah. Teknik dasar bola voli ini memiliki posisi yang berbeda. Ketika anda melakukan service bawah, lambungkan bola ke atas, namun jangan sampai terlalu tinggi. Setelah posisi bola sejajar dengan pinggang, pukul bola dari arah bawah. Tegangkan otot tangan agar pantulan bola menjadi maksimal.

Ketika melakukan service atas, maka lambungkan bola hingga kira-kira berada setengah meter dari atas kepala. Kemudian, tarik tangan ke arah atas hingga mencapai bagian belakang kepala dan fokuskan pandangan saat memukul bola. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang populer digunakan.

2. Teknik Passing

Passing adalah gerakan mengoper bola kepada teman di dalam satu tim dan menjadi salah satu taktik dalam bermain bola voli. Teknik dasar bola voli ini juga dibagi menjadi 2, yaitu passing atas dan passing bawah. Teknik passing atas menggunakan gerakan mengangkat tangan hingga berada sedikit di atas dahi.

Ketika bola datang, tegangkan bagian ibu jari, jari tengah, dan jari telunjuk untuk melakukan dorongan bola. Teknik yang kedua adalah passing bawah. Untuk melakukannya, anda harus merapatkan dan meluruskan kedua tangan hingga jempol sejajar. Saat bola datang, ayunkan kedua tangan secara bersamaan dari bawah hingga setinggi bahu.

3. Teknik Smash

Teknik selanjutnya yang harus anda kuasai adalah smash yang merupakan teknik serangan dengan cara memukul bola menggunakan tenaga penuh dan diarahkan ke arena lawan. Smash harus dikuasai oleh seorang spiker atau penyerang. Untuk melakukan teknik dasar bola voli ini, anda harus memposisikan tubuh secara rileks.

Hentakkan bagian kaki dan tumit dari tanah dibarengi dengan gerakan telapak kaki dan pinggul secara serasi. Kemudian, ayunkan lengan ke arah depan dan lecutkan dengan kekuatan penuh. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin agar sulit untuk dikembalikan oleh lawan.

4. Teknik Block

Bermain voli tidak selalu harus menyerang, namun ada kalanya anda juga bisa menggunakan teknik block agar tenaga anda tidak habis untuk melakukan serangan berkali-kali. Teknik ini bertujuan untuk memblokir bola dari lawan agar tidak bisa masuk ke area tim anda. Untuk melakukan gerakan block, posisi badan harus sedekat mungkin dengan net.

Awasi ke mana arah gerakan dari lawan dan jika lawan terlihat menembakkan bola ke arah anda, posisikan tubuh dengan sedikit jongkok dan tangan di depan dada. Setelah bola dilambungkan, lompat ke atas dengan posisi kaki rapat dan lurus. Pukul bola dengan kedua tangan agar bola kembali ke daerah lawan.

Setelah anda memahami teknik-teknik dasar di dalam permainan bola voli, anda bisa lebih mudah untuk berlatih dan bertanding dengan lawan. Untuk membiasakan tubuh dengan gerakan fisik, maka pastikan anda berlatih secara rutin agar gerakan teknik anda semakin baik.

Posting Komentar

0 Komentar