5 Cara Cepat Dinginkan Ruang Kamar

 

Ac Berdiri

Menyalakan AC floor standing berukuran kecil untuk mendinginkan kamar indekos kamu mungkin jadi hal pertama yang akan kamu lakukan setelah berpanas-panasan di luar. Akan tetapi, terkadang teriknya matahari membuat kamu butuh suasana ruang kamar yang dingin secepatnya. Nah, kalau kamu sedang mengalami situasi seperti ini, simak kelanjutan artikel ini untuk tahu beberapa cara mudah mengatasinya, yuk!

1.    Tutup jendela atau sumber sinar matahari

Apa kamarmu punya jendela yang menjadi sumber sinar matahari ke dalam ruangan? Jika ya, tutuplah jendela ini ketika kamu baru saja tiba dari luar. Sebab, suhu luar ruangan yang panas bisa tereduksi atau terkurangi jumlahnya dengan cara pemblokiran menggunakan gorden. Kalau kamarmu punya celah lain untuk matahari, seperti ventilasi udara, misalnya, kamu juga bisa menutupnya sebentar untuk menghalangi panas yang masuk ke dalam ruangan.

2.    Tutup pintu

Sudah tutup gorden tapi kamar masih belum dingin? Cara selanjutnya adalah menutup pintu yang ada di kamar indekosmu. Sama seperti fungsi gorden, pintu yang ditutup juga bisa mempercepat pendinginan udara dalam ruangan. Sebab, udara dalam ruangan akan terperangkap dan tidak akan keluar ketika pintu ditutup. Kalau kamu punya kamar mandi di dalam kamar, jangan lupa juga untuk menutup pintunya, ya. Dengan begitu, udara dingin yang dihasilkan oleh AC di kamarmu bisa segera terasa.

3.    Matikan lampu kamar

Lampu kamar, terutama yang bukan tipe LED, adalah sumber penghasil panas yang cukup tinggi. Maka dari itu, kalau kamu sedang menginginkan udara dingin di dalam kamar, usahakan untuk tidak menyalakan lampu kamar, ya. Niscaya, kamar kamu akan terasa lebih sejuk.

4.    Nyalakan kipas portabel

Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah menyalakan kipas portabel. Meskipun berukuran kecil, kipas portabel ini bisa menyalurkan angin dengan kekuatan cukup tinggi. Sembari AC kamarmu kamu pasang, kipas portabel itu bisa kamu gunakan untuk menambah putaran angin di sekitarmu. Nantinya, angin dingin dari kisi-kisi AC bisa cepat mengisi seluruh sudut kamar kamu.

5.    Atur suhu pendingin ruangan dengan tepat

Tahukah kamu jika memasang AC di suhu terendah ataupun suhu sedang akan membutuhkan waktu yang sama agar ruangan menjadi dingin? Ya, ternyata kecepatan pendingin ruangan akan bekerja sama saja di suhu 17 ataupun 25 derajat celcius (Griffith Energy Services). Maka dari itu, tak ada gunanya kamu memasang AC di suhu terendah ketika baru kembali dari berpanas-panasan dengan memasang di suhu normal. Yang ada, kamu malah memboroskan energi listrikmu.

Jadi, cara lain untuk mempercepat dinginnya kamar adalah dengan mengatur suhu AC sesuai dengan tepat. Mengutip beberapa sumber, suhu paling tepat untuk awal pemasangan pendingin ruangan adalah 22 derajat celcius. Dengan begitu, kamar bisa cepat mendingin, dan kamu tidak boros listrik.

Itulah dia beberapa cara cepat untuk mendinginkan ruang kamar kamu setelah bepergian di siang hari. Semoga informasi di atas berguna, ya!

 

Posting Komentar

0 Komentar